Bpjs Ketenagakerjaan Bukan Penerima Upah

Bpjs Ketenagakerjaan Bukan Penerima Upah – Apa itu Orang Tidak Dibayar (BPU)? Bagi Anda yang menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan, informasi ini tentu layak untuk dipahami.

Ada kategori bukan penerima pendapatan (BPU) dalam BPJS Ketenagakerjaan. Pada dasarnya perlu Anda ketahui bahwa tidak hanya karyawan saja yang wajib mendaftar, namun juga peserta BPJS Rekrutmen.

Bpjs Ketenagakerjaan Bukan Penerima Upah

Tidak ada satu kategori pun dalam kepesertaan pegawai BPJS. Sebaliknya, ini terdiri dari empat jenis klasifikasi kelompok yang berbeda. Diantaranya adalah pekerja non-niaga (BPU), jasa konstruksi, dan pekerja migran.

Cuma 5 Menit, Yuk! Daftar Peserta Bpjs Ketenagakerjaan Via Online

Sebagaimana disebutkan di atas, jika mengacu pada kategori pegawai BPJS, pegawai perusahaan tersebut termasuk dalam kelompok Penerima Upah (PU) peserta BPJS.

Sedangkan wirausaha merupakan kategori peserta BPJS yang tidak mendapatkan pekerjaan setelah menjadi pegawai perusahaan. Seringkali tidak ada pencari nafkah yang disebut BPU.

Lebih spesifiknya, ada subkategori BPU. Umumnya pekerja yang tidak dipekerjakan oleh orang lain dan tidak menerima imbalan berupa upah dimasukkan dalam BPU.

Dimulai dari kategori umum BPU, selanjutnya dapat dibagi menjadi beberapa kategori berbeda. Pengusaha termasuk di antara mereka. Misalnya pengusaha atau pemilik usaha.

Cara Daftar Bpjs Ketenagakerjaan Mandiri Untuk Bukan Penerima Upah

Lalu ada freelancer atau pekerja lepas. Misalnya pengacara, arsitek, dokter, seniman, dan freelancer. Selain itu, ada pula yang tidak menerima upah atau bekerja di sektor informal.

Misalnya pedagang, nelayan, petani, supir angkutan umum, dan pengendara sepeda motor. Di bawah ini informasi detail mengenai BPU yang penting untuk diketahui.

Dalam pelaksanaannya di lapangan, ditemukan masih banyak yang belum memiliki pengetahuan komprehensif tentang BPU, meskipun berstatus peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Dilihat dari pengertiannya, pekerja mandiri (WWW) adalah sekelompok pekerja yang bekerja sendiri di bidang usaha ekonomi dengan tujuan memperoleh penghasilan dari kegiatan usahanya.

Bpjs Berkerja Sama Dengan Lpkni Sosialisasi Bpjs Ketenagakerjaan Bukan Penerima Upah ( Bpu ) Sekaligus Penyerahan Santunan Kepada Keluarga Almarhum Suryansah

Definisi BPU mengalami perubahan besar dalam Keputusan Menteri Sumber Daya Manusia No. 200. 1 Tahun 2016. Peraturan ini juga mencakup secara lengkap informasi terkait hubungan ketenagakerjaan BPU dan BPJS.

Merujuk pada Pasal 3 Peraturan Menteri Sumber Daya Manusia Nomor 3. Berdasarkan Pasal 1 Tahun 2016, peserta BPJS Ketenagakerjaan wajib mengikuti dua program BPJS Ketenagakerjaan dengan kategori Pegawai Bukan Penerima Manfaat (BPU).

Terkait cara pendaftarannya, peserta BPU wajib mendaftarkan kepesertaannya secara kolektif melalui lembaga atau kelompok tertentu.

Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi peserta saat pendaftaran. Persyaratan yang harus dipenuhi saat mendaftar menjadi peserta BPJS BPU relatif sederhana.

Daftar Bpjs Ketenagakerjaan Bpu Dan Pu Serta Perbedaannya

Adapun tata cara pendaftarannya bisa dilakukan secara offline atau manual melalui kantor BPJS. Anda juga bisa menggunakan metode online di BPJSketenagakerjaan.

Cara melaporkan kepesertaan Jika ada perubahan rincian, Anda dapat melaporkan melalui cabang BPJS terdekat. Opsi kedua juga dapat dilakukan melalui forum/grup tertentu tempat para peserta ditempatkan.

Kemudian, jika peserta BPU mengalami kecelakaan kerja atau penyakit akibat kerja, cara-cara tersebut di atas juga dapat digunakan.

Berbeda dengan iuran BPJS bagi pekerja tetap, iuran BPJS bagi pekerja non-gaji tidak dihitung secara persentase terhadap gaji pekerja.

Pemprov Pbd Dan Bpjs Ketenagakerjaan Lindungi 50.104 Pekerja Bukan Penerima Upah

Sesuai ketentuan yang berlaku, khususnya PP no. 44 Pada program JKK dan JKM tahun 2015, besaran iuran JKK BPU adalah sebesar 1% dari nominal tertentu berdasarkan pendapatan.

Batas nominal minimal Rp 10.000 dan maksimal Rp 207.000 Premi BPU JKM BPJS Rp 6.800 per bulan.

Peralihan dari JKK dan JKM, program JHT diatur dengan PP no. 46 Tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Program JHT.

Besaran iuran JHT sebesar 2% dari jumlah nominal tertentu tergantung pendapatannya. Nominalnya berkisar Rp 20.000 hingga 414.000.

Cara Pendaftaran Bpu Online Bpjs Ketenagakerjaan

Pembayaran dapat dilakukan secara individu atau melalui lembaga atau kelompok tertentu. Selain itu, ada pilihan pembayaran dimuka untuk jangka waktu 3 bulan, 6 bulan atau 1 tahun.

Tunjangan yang diterima peserta BPJS Ketenagakerjaan kategori pegawai bukan penerima gaji (BPU) hampir sama dengan kategori pegawai penerima gaji.

Jika pekerja tidak meninggal dunia akibat kecelakaan industri, maka ahli warisnya akan mendapat manfaat program asuransi kematian sebesar Rp 16,2 juta.

Pada nominal tersebut ditambah tunjangan pendidikan anak sebesar Rp12 juta. Harap dicatat bahwa masa keanggotaan adalah lima tahun.

Pekerja Di Tambrauw Terima Perlindungan Bpjs Ketenagakerjaan

Nah, itulah penjelasan mengenai orang bukan berpenghasilan (BPU) yang tidak penting untuk diketahui. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat bagi Anda.

Bagi sobat finansial yang ingin mempelajari produk investasi asuransi dengan perlindungan optimal, bisa mendengarkan audiobook di bawah ini secara gratis.

Tentunya informasi di atas sangat penting bagi seluruh peserta BPJS Ketenagakerjaan. Berbagi artikel ini pasti akan menambah wawasan orang-orang tercinta, terima kasih.

Shara Nurrahmi, S.Pd, Gr. adalah penulis konten. Beliau menyelesaikan pendidikan S1 di Universitas Negeri Malang dan pendidikan vokasi guru di Universitas Negeri Yogyakarta.

Apa Itu Bukan Penerima Upah (bpu) Bpjs Ketenagakerjaan?

Paskal Hyper Square Blok D 26-27, Jl. Pasir Kaliki No.25, Ciroyom, Kets. Andir, Kota Bandung, Jawa Barat 40181

Hak Cipta 2013 – 2024  Hak cipta dilindungi undang-undang | Peta Situs | Perlindungan data pribadi | Redaksi | Petunjuk Siber | Sah

Daftar bpjs ketenagakerjaan bukan penerima upah, pendaftaran bpjs ketenagakerjaan bukan penerima upah, cara klaim bpjs ketenagakerjaan bukan penerima upah, cara daftar bpjs ketenagakerjaan bukan penerima upah, daftar bpjs bukan penerima upah, cara mendaftar bpjs ketenagakerjaan penerima upah, cara daftar bpjs ketenagakerjaan penerima upah, pendaftaran bpjs ketenagakerjaan penerima upah, penerima upah bpjs ketenagakerjaan, daftar bpjs ketenagakerjaan penerima upah, cek saldo bpjs ketenagakerjaan bukan penerima upah, cara mendaftar bpjs ketenagakerjaan bukan penerima upah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *