Dada Terasa Sakit Di Tengah

Dada Terasa Sakit Di Tengah – Nyeri dada di bagian tengah bisa membuat Anda merasa mual. Apa penyebabnya? Cari tahu penyebab dan cara mengatasinya di sini.

Nyeri dada merupakan tanda bahwa Anda mempunyai masalah kesehatan. Siapapun bisa menderita kondisi ini, termasuk Anda.

Dada Terasa Sakit Di Tengah

Secara umum gejala nyeri dada sangat bervariasi tergantung penyebabnya, salah satunya nyeri dada bagian tengah. Jika nyeri di dada bagian tengah terus berlanjut dan mengganggu Anda. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter segera. Ya, agar masalah Anda bisa cepat teratasi. Lalu apa saja penyebab nyeri di dada bagian tengah? Mari cari tahu lebih lanjut di sini.

Dada Nyeri Saat Pms, Apakah Normal?

Anda mungkin bertanya-tanya apakah nyeri dada bagian tengah itu berbahaya? Jawabannya benar. Namun gejala ini bergantung pada penyebab yang mendasarinya. Berikut beberapa penyebab nyeri pada dada bagian tengah:

Jika Anda merasakan nyeri di bagian tengah dada, bisa jadi itu merupakan tanda penyakit gastroesophageal reflux (GERD).

Refluks asam ini terjadi ketika isi lambung naik ke tenggorokan sehingga menimbulkan sensasi terbakar di dada atau tenggorokan.

Karena jantung dan kerongkongan berdekatan dan berbagi jaringan saraf, GERD sering disalahartikan sebagai sakit jantung.

Nyeri Dada Karena Kecemasan, Apa Saja Tandanya?

Penyebab nyeri di dada bagian tengah juga bisa berupa angina. Menurut American Heart Association, angina adalah nyeri dada karena otot jantung tidak mendapatkan cukup darah kaya oksigen.

Hal ini dapat menyebabkan tekanan dada. Bahkan, mungkin juga timbul rasa tidak nyaman di bahu, lengan, leher, rahang, perut, atau punggung.

Berkurangnya aliran darah ke pembuluh darah jantung dapat menyebabkan sel-sel otot jantung berhenti bekerja. Serangan jantung biasanya menyebabkan rasa sakit yang lebih hebat dibandingkan gejala angina.

Gejala serangan jantung bisa terasa nyeri di bagian tengahnya. Namun menurut dr Vita, serangan jantung biasanya memiliki gejala yang khas, yaitu nyeri di dada kiri yang menjalar ke lengan kiri dan punggung.

Bukan Serangan Jantung, Ini Penyebab Nyeri Dada

Dikutip dari Cleveland Clinic, peradangan yang terjadi pada tulang rawan atau kostokondritis bisa menyebabkan nyeri di bagian tengah dada. Tulang rawan berfungsi menghubungkan sebagian besar tulang rusuk dengan tulang dada.

Bila terjadi peradangan pada tulang rawan maka dapat menimbulkan rasa nyeri yang menusuk pada bagian tengah dada. Rasa sakit ini juga akan bertambah parah saat Anda batuk atau menarik napas dalam-dalam.

Munculnya rasa nyeri di dada bagian tengah bisa jadi merupakan tanda penyakit maag. Biasanya maag ini terjadi akibat infeksi pada lambung atau konsumsi obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) sehingga lapisan lambung terluka.

Kondisi ini menimbulkan sensasi terbakar atau nyeri di bawah tulang dada. Tak hanya itu, gejala maag juga bisa bertambah parah bila Anda mengonsumsi makanan asam atau minum alkohol.

Kenali Tanda Sakit Punggung Bagian Atas Yang Berbahaya

Meski masih belum diketahui secara pasti penyebab kejang otot di tenggorokan, namun kondisi tersebut bisa menyebabkan nyeri dada.

Kejang otot di tenggorokan adalah suatu kondisi di mana otot-otot yang bekerja mendorong makanan melalui kerongkongan berhenti bekerja. Inilah sebabnya mengapa tulang dada terasa nyeri.

Esofagitis adalah reaksi alergi yang disebabkan oleh reaksi alergi terhadap makanan. Penyakit ini menyebabkan peradangan pada dinding kerongkongan yang terasa nyeri.

Terkadang nyeri di dada bagian tengah juga bisa disebabkan oleh serangan panik. Perasaan cemas dan takut yang bersifat jangka pendek dan tidak terduga dapat menyebabkan nyeri dada.

Sakit Dada Bahagian Tengah, Apa Penyebab Kondisi Ini?

Pada dasarnya pengobatan nyeri dada akan bergantung pada penyebab nyerinya. Setelah mengetahui penyebab nyeri dada tengah, berikut beberapa cara mengatasi nyeri dada tengah yang bisa Anda lakukan:

Jika nyeri dada bagian tengah bukan disebabkan oleh serangan jantung, disarankan untuk mengatasinya dengan mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat. Mulai dari menentukan pola makan, berolahraga, hingga membatasi jumlah alkohol yang diminum.

Untuk mengatasi nyeri dada akibat gangguan pencernaan seperti GERD, dokter mungkin akan menyarankan terapi dengan obat-obatan penekan asam lambung, seperti

Jika nyeri dada yang Anda alami sangat parah, dokter mungkin akan menyarankan prosedur pembedahan. Ada sejumlah operasi yang dapat dilakukan untuk menghilangkan sumbatan di area dada, antara lain angioplasti dan pemasangan stent, operasi bypass arteri koroner, operasi perbaikan darurat, atau inflasi ulang paru-paru.

Penyebab Nyeri Dada Setelah Bersin, Harus Diwaspadai

Penting untuk diingat bahwa nyeri dada adalah kondisi yang jarang terjadi. Jika Anda mengalami hal tersebut, segera pergi ke pusat kesehatan untuk mendapatkan pengobatan yang tepat. Rumah Sakit Primaia memberikan pelayanan prima dengan mengedepankan mutu dan keselamatan pasien yang tercermin dari akreditasi nasional Rumah Sakit Primaia oleh Komisi Akreditasi Rumah Sakit. (KARS) dan dua dari rumah sakit induk Primaia yang terakreditasi internasional oleh Joint Commission International (JCI).

Primaia Hospital mampu memberikan pelayanan kesehatan yang komprehensif bagi masyarakat Indonesia dan warga negara asing (VNA). Primaia Hospital merawat pasien dengan metode pembayaran swasta, serta jaminan perusahaan, asuransi atau BPJS. Primaia Hospital menawarkan pelayanan dengan teknologi yang baik dan berkualitas sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Primaia Hospital akan menawarkan solusi kesehatan bagi masyarakat.

Untuk memenuhi kebutuhan kesehatan masyarakat, Primaia Hospital Group tersebar di berbagai wilayah dan kota besar di Indonesia dengan lokasi yang strategis dan mudah dijangkau sehingga kebutuhan layanan kesehatan masyarakat dapat terpenuhi secara memadai.

Primaia Hospital memiliki pelayanan lengkap meliputi pelayanan gawat darurat, radiologi, laboratorium dan farmasi yang melayani masyarakat 24 jam sehari. Selain itu, Primaia Hospital memiliki lahan parkir yang luas, ruang edukasi pasien, ruang serbaguna yang nyaman, ruang laktasi, taman bermain anak, ATM center, musala, WiFi untuk keluarga pasien, ruang makan dan lobi yang nyaman. daerah. . Primaia Hospital memiliki pelayanan pasien yang unggul yaitu Pusat Jantung dan Pembuluh Darah, Layanan Ibu dan Anak, Layanan Trauma, dan Layanan Onkologi (Kanker).

Sakit Dada Belum Tentu Sakit Jantung, Lalu Kenapa?

Primaia Hospital memiliki keunggulan dalam pelayanan jantung dan pembuluh darah untuk memenuhi kebutuhan akan pelayanan kesehatan jantung yang berkualitas. Pelayanan kardiovaskular di RS Primaia didukung oleh tenaga medis, paramedis, dan non medis yang profesional serta dilengkapi dengan peralatan medis modern.

Sebagai wujud komitmen terhadap kesehatan ibu dan tumbuh kembang anak, Primaia Hospital menghadirkan Pusat Perawatan Ibu dan Anak melalui berbagai layanan kesehatan bagi ibu, anak, dan bayi, seperti kesehatan wanita, kebugaran wanita (senam hamil dan yoga), kehamilan , sayang. pijat, menyusui, tumbuh kembang anak dan jenis pelayanan lainnya.

Pusat perawatan trauma merupakan salah satu layanan utama yang berkaitan dengan perawatan pasien dengan kondisi darurat akibat cedera atau trauma. Trauma center didukung oleh beberapa dokter spesialis bedah dan non bedah yang berpengalaman di bidang trauma. Selain itu, Pusat Layanan Trauma RS Primaia memiliki perawat spesialis yang kompeten dan telah mendapatkan pelatihan khusus di bidang trauma, seperti Basic Life Support (BLS), Basic Cardiac Trauma Life Support (BTCLS) dan Emergency First Aid (PPGD).

Pelayanan onkologi di RS Primaia didukung oleh tenaga medis profesional yang kompeten di bidangnya dan dilengkapi dengan peralatan modern. Jenis layanan yang mungkin ditanggung antara lain mamografi, USG payudara (USG), Pap smear, vaksin, bronkoskopi, endoskopi, dan bedah tumor. Dengan adanya layanan ini, kami berharap berbagai penyakit kanker dapat terdeteksi dan diobati secara dini, komplikasi dapat diminimalkan, serta kesembuhan dan harapan hidup pasien dapat diperpanjang. Nyeri dada tidak hanya disebabkan oleh penyakit jantung, tetapi juga oleh kondisi medis lainnya, termasuk Gerd. )

Ini Ciri Ciri Asam Lambung Naik Ke Paru Paru Dan Pengobatannya

Refluks asam terjadi karena katup di ujung esofagus, atau sfingter esofagus bagian bawah, tidak menutup saat makanan mencapai lambung.

Akibatnya, asam lambung mengalir kembali melalui kerongkongan menuju tenggorokan. Pasien bahkan mungkin merasakan rasa asam di mulutnya.

. Hal ini dapat menyebabkan sensasi terbakar di bagian tengah dada tepat di belakang tulang dada atau tulang dada.

Itu sebabnya penting untuk bisa membedakan nyeri dada akibat serangan jantung (akibat serangan jantung dan kondisi lain yang memengaruhi sistem kardiovaskular) dan nyeri dada non-jantung sejak dini.

Gejala Penyakit Jantung Yang Sering Tidak Disadari

Namun, nyeri jantung di dada bisa menjalar ke seluruh dada bahkan menyerang bagian tubuh lain, seperti lengan, punggung, bahu, leher atau tenggorokan, rahang, dan gigi.

Menurut Healthline, dalam beberapa kasus, nyeri dada GERD dapat menyerang tubuh bagian atas, namun seringkali berpusat di belakang atau tepat di bawah tulang dada di area yang disebut epigastrium.

Nyeri dada non-jantung biasanya disertai sensasi terbakar di belakang tulang dada dan mungkin tidak terlalu terasa di lengan kiri.

Beberapa kata yang digunakan orang untuk menggambarkan nyeri jantung di dada antara lain nyeri tekan, nyeri dada yang terasa seperti diremas, nyeri yang terasa seperti ditekan oleh benda berat, sesak, nyeri, bahkan seperti terbakar.

Keluhan Nyeri Dada Yang Harus Diwaspadai Sebagai Gejala Serangan Jantung Halaman All

Sementara itu, rasa tidak nyaman di dada akibat refluks biasanya tidak terasa seperti berasal dari dalam dada, melainkan di sekitar permukaan kulit.

Gejala-gejala yang menyertai nyeri dada dapat menjadi indikator penting lainnya apakah nyeri dada yang Anda alami merupakan penyakit jantung atau non-jantung.

Gejala yang mungkin menyertai sakit jantung di dada antara lain kesulitan bernapas dalam-dalam, detak jantung tidak teratur, pusing, dan rasa tidak nyaman di bagian tubuh lain, seperti lengan, leher, rahang, bahu, dan punggung.

Namun jika kondisi ini membuat Anda merasa sangat tidak nyaman, segera temui dokter untuk mengetahui penyebab sebenarnya dari ketidaknyamanan dada Anda.

Cara Membedakan Nyeri Dada Karena Sakit Jantung Dan Asam Lambung Halaman All

Menurut Mayo Clinic, tindakan segera diperlukan, terutama jika Anda mengalami episode nyeri dada yang tidak kunjung hilang dalam beberapa jam.

Dapatkan berita pilihan dan berita terhangat setiap hari dari Kompas.com. Bergabunglah dengan grup Telegram “Kompas.com News Update”, klik tautan https://t.me/kompascomupdate lalu gabung. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Berita Terkait Hindari 9 Makanan Ini untuk Sehat Jantung 4 Faktor yang Dapat Mencegah Penyakit Jantung Mengapa Latihan Aerobik Menyehatkan Jantung Tes Skrining Gratis untuk Pekan Skrining Internasional Lakukan Perubahan dalam 4 Minggu untuk Hidup Lebih Sehat! Bulan Peduli Kesehatan Mental 2023 Kenali permasalahan masa kecil

Vaksin Dewasa Tes Kulit Sensitif Tes Risiko Kanker Hati Tes Manajemen Diri Diabetes Tes Risiko Kanker Usus Besar Tes Risiko Kanker Paru-Paru Tes Risiko Kanker Lihat Semua Alat Kesehatan

Penyebab Dada Sakit Saat Batuk Yang Harus Kamu Ketahui

Grafik pertumbuhan anak Grafik pertumbuhan anak memang unik. Grafik pertumbuhan anak memberikan gambaran umum dengan memperhitungkan rata-rata pembacaan populasi. Jangan panik jika kemampuan membaca (persentil) anak Anda buruk

Dada terasa nyeri di tengah, dada terasa sakit di bagian tengah, dada tengah terasa sakit, penyebab dada tengah terasa sakit, kenapa dada terasa sakit di tengah, bagian dada tengah terasa sakit, dada tengah terasa berat, penyebab dada terasa sakit di bagian tengah, dada tengah terasa panas, kenapa dada tengah terasa sakit, dada tengah atas terasa sakit, dada tengah terasa ditusuk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *